Cara Selamatkan Data sebelum Installasi ulang


menyelamatkan data sebelum melakukan installasi ulang. dalam dunia komputerisasi melakukan intallasi merupakan suatu hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang.
melakukan installasi ulang berarti melakukan installasi Operating System kembali pada komputer kita. banyak faktor yang mempengaruhi seseorang menginstallasi ulang komputer mereka, seperti ingin berganti OS, ingin menguprade OS dan yang paling sering adalah kegagalan booting dan Operating System korup desebabkan oleh banyak macam.

faktor kerusakan Operating System sangat sering didapati pada beberapa orang karena tidak rutin dalam merawatnya. perawatan pada komputer adalah salah satu hal yang harus dilakukan untuk mencegah kerusakan pada Operating System kita, seperti membersihkan pc, diagfragma harddisk, dan memasang antivirus yang handal.

menyelamatkan data sebenarnya cukup mudah tinggal membackup nya atau mengkopynya, namu jika System Operasi kita sudah rusak dan tidak bisa masuk ke OS lagi maka kita akan kesulitan. jika komputer kita sudah mengalami kerusakan pada system operasi maka kita harus memrepair atau setting sesuai kerusakan. tetapi dari seberapa orang takut data - data pada direktori mereka hilang, apalagi jika melakukan installasi otomatis data data pada local disk C juga akan hilang. beberapa orang akan membawa laptop mereka ke tempat service untuk menginstallasi komputer mereka dan mengembalikan data-data mereka, namun jika kita ingin menyelamatkan data - data kita sendiri tentu tidak salah.
jika anda berniat untuk install ulang komputer anda maka lakukanlah hal berikut agar data pada harddisk anda tidak hilang..

pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara menyelamatkan data kita sebelum installasi atau jika kita ingin merepairnya dan takut data - data kita hilang.
banyak cara untuk menyelamatkan data - data kita sebelum install ulang, namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara yang ampuh yang mudah untuk anda lakukan.

ada 2 cara dibawah ini yang metodenya hampir sama. analogis nya adalah kita akan masuk ke komputer kita menggunakan OS lain dan bersifat sementara alias live boot. jadi kita dapat masuk ke komputer kita menggunakan OS sementara yang kita install pada dvd,cd maupun flasdisk.

cara pertama menggunakan tool HBCD (Hiren Boot CD)
HBCD merupakan suatu OS yang dapat kita jalankan pada komputer kita karena di dalamnya terdapat sebuah OS windwos xp yang sangat ringan. file ini besarnya tidak lebih dari 500 mb atau bisa kurang tergantung versi pada HBCD.
oke silahkan ikuti langkah berikut, jangan takut komputer kita akan baik baik saja :)


  1. Download OS HBCD (Hiren Boot CD) disini
  2. jika sudah sediakan cd atau dvd atau flasdisk untuk media bootable.
  3. buatlah bootable pada cd/dvd/flasddisk dengan OS HBCD yang sudah anda download. untuk cara membuat Bootable silahkan browsing sendiri yah.. biasanya untuk bootable cd/dvd menggunakan software power iso dan bootable flasdisk menggunakan rufus atau universal usb.
  4. jika sudah membuat bootable HBCD pada media diatas, silahkan colokan cd/dvd/flasdisk ke komputer. kemudian hidupkan ulang/restart.
  5. booting dengan menggunakan media yang anda gunakan. seperti halnya kita akan install ulang.
  6. jika sudah maka kita akan dihadapkan beberapa pilihan tool pada hbcd. seperti berikut
  7. pilihlah Mini Windows XP. maka kita akan booting menggunakan windows xp. tenang ini tidak akan merusak atau menghapus data anda, karena ini hanya berjalan pada media yang anda gunakan. yaitu cd/dvd/flasdisk
  8. kemudian kita akan masuk sebagai OS windows xp.
  9. nah cara terakhir adalah menyelamatkan data - data kita. caranya logo windows -> pilih program -> pilih windows explorer. nah disini kita bisa melihat hardisk kita.
  10. disini akan ada beberapa pilihan hardisk yang ada. yaitu
    b:raw disk     #ini disk dari hbcd
    c:local disk      # ini disk recoverypada windowskita, bisa kita lihat partisinya hanya beberapa MB
    d:HBCD       #ini adalah disk hbcd
    e:local disk    #walaupun disini bertuliskan local disk E namun ini adalah local disk C pada windows kita. biasanya jika hdisk kita sudah direname maka akan ketahuan mana local disk C windows kita. ciri ciri yang lain terdapat direktori USER dan WINDOWS pada local disk C atau pada system operasi windows kita
  11. pidahkan file file kita pada direktori E (disk OS). biasanya letak file kita ada di download,document dan picture. maka untuk mencarinya klik localdisk E -> pilih user -> pilih user komputer kita "contoh nama direktori : bobby" -> nah disini kita bisa melihat ada direktori download,document,picture dan lain-lain, nah pindahkan data tersebut ke local disk hardisk kita yang lain atau ke harddisk eksternal yang sudah anda siapkan.

hati-hati untuk memindahakan data data anda. usahakan direktori atau letak data anda yang anda pindahkan sudah benar.
jika sudah silahkan keluar dari windwos explorer dan restart windows. jangan lupa untuk cabut atau keluarkan cd/dvd/fd. jika benar benar yakin sudah maka anda sudah bisa install ulang komputer anda. saat install ulang usahakan pilih partisi harddisk yang benar, jangan sampai ketukar dengan partisi disk data anda.


 Cara Kedua

cara kedua menggunakan OS Linux paling ringan yaitu SLAX linux.

sama seperti cara pertama bedanya ini menggunakan os SLAX linux. os ini berukuran lebih kecil ketimbang hbcd yaitu 200mb. sama halnya dengan HBCD cara ini menggunakan os live booting untuk masuk ke komputer kita.

1. Download OS SLax linux disini
2. jika sudah sediakan cd atau dvd atau flasdisk untuk media.
3. extrak OS Slax linux tersebut ke cd/dvd/flasdisk. caranya klik kanan file tersebut ->pilih extrak file ->pilih esktrak ke media cd/dvd/flasdisk atau bisa burning menggunakan nero jika menggunakan media cd/dvd

4. setelah selesai estrak selesai, masuk ke cd/dvd/flasdisk dan masuk ke folder slax pada media yang kita gunakan-> masuk folder boot -> jalankan file bootinst.
jangan jalankan file bootinst diluar media cd/dvd/flasddisk.



maka akan muncul tampilan konfigurasi berikut. tunggu sebentar. kemudian jika sudah muncul press any key tekan enter.

5. jika sudah silahkan colokan cd/dvd/flasdisk ke komputer yang akan kita selamatkan datanya. kemudian hidupkan ulang/restart.

6. booting dengan menggunakan media yang anda gunakan. seperti halnya kita akan install ulang.
7. jika sudah maka kita akan booting seperti linux. tunggu beberapa saat maka kita akan masuk ke desktop SLAX Linux.

8. tenang ini tidak akan merusak atau menghapus data anda, karena ini hanya berjalan pada media yang anda gunakan. yaitu cd/dvd/flasdisk

9. klik logo program pada icon bawah sebelah kiri -> pilih file manager

10. kemudian kita backup data kita pada localdisk c ke localdisk d. sama seperti cara pertama carilah harddisk yang terdapat direktori USER dan WINDOWS. kemudian  pilih user -> pilih user komputer kita -> pilih direktori yang akan kita pindahkan , biasayna letak data ada di download atau document. kemudian pindahkan data tersebut ke harddisk kita atau localdisk D windows kita.

jika sudah silahkan restart dengan klik icon program di bawah kiri -> pilih logut/pilih shutdown. jangan lupa untuk cabut atau keluarkan cd/dvd/fd. supaya tidak kembali booting dengan os ini. kemudian komputer anda siap untuk installasi, saat installasi anda tetap harus perhatikan partisi yang anda pilih. jangan sampai salah memilih.

oke sampai disini anda sudah dapat menyelamatkan data - data anda. jika kurang yakin anda bisa minta bantuan teman anda sudah mahir atau bisa ditanyakan pada kolom komentar dibawah ini. 
nantikan artikel menarik lainnya, terimakasih..
Previous
Next Post »

Jangan menggunakan link aktif dan meninggalkan spam. Gunakan kolom komentar dengan sebaik-baiknya. terimakasih.. ConversionConversion EmoticonEmoticon