Apa Itu Router??

halo semua, kembali dengan saya di boby24.blogspot.com, kali ini saya akan memberikan informasi tentang "Apa Itu Router??" , oke langsung saja simak yang berikut ini..

A. Pengenalan Router
1. Pengertian Router
Router adalah perangkat jaringan yang menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya. Disamping itu router juga dapat menentukan jalur yang paling efektif untuk dilewati sebuah paket dalam suatu jaringan. Router mengatur jaringan dengan menyediakan kontrol dinamis melalui sumber daya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut antara lain konektivitas, perfomansi yang reliabel, kontrol manajemen dan fleksibilitas.
Router memiliki fungsi utama yaitu sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan untuk selanjutnya meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perbedaannya dengan Switch adalah switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Dalam hal ini router berfungsi sebagai penghubung antara Jaringan Lokal (LAN) dengan Jaringan berbasis luas (WAN).

B. Jenis-jenis Router
Secara fisik router terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Router Hardware, adalah hardware yang memiliki kemampuan menjalankan fungsi router, contohnya router buatan pabrik seperti cisco, Routerboard, D-Link, TP-Link, Dll. 
  2. Router PC, yaitu PC dengan system operasi yang memiliki kemampuan menjalankan fungsi router. Contoh system operasi yang dapat digunakan adalah semua jenis sistem operasi server seperti Windows Server, Linux Server, Mikrotik,  Dll.
  3. Router Aplikasi, yaitu aplikasi yang dapat diinstall pada system operasi sehingga system operasi tersebut akan memiliki kemampuan menjalankan fungsi router, contoh aplikasinya adalah WinRoute, WinGate, SpyGate, dan WinProxy.

C. Cara Kerja Router
Fungsi utama Router adalah merutekan paket (informasi). Sebuah Router memiliki kemampuan Routing, artinya Router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi (paket) akan dilewatkan, apakah ditujukan untuk host lain yang satu network ataukah berada di network yang berbeda.
Jika paket-paket ditujukan untuk host pada network lain maka router akan meneruskannya ke network tersebut. Sebaliknya, jika paket-paket ditujukan untuk host yang satu network maka router akan menghalangi paket-paket keluar.

D. Topologi Jaringan (Gambar Topologi dan Rancangan IP Address)
Untuk memudahkan memahami pengertian WAN dan LAN maka dapat disimpulkan WAN adalah jaringan internet dan LAN adalah jaringan lokal yang kita bangun. Sehingga menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (WAN) dapat diartikan dengan bagaimana menginstalasi sebuah jaringan LAN agar dapat terhubung dengan jaringan WAN (Internet).
Untuk mendapatkan koneksi ke jaringan internet maka kita harus terdaftar pada salah satu perusahaan penyedia jasa layanan Internet (ISP, Internet Service Provider) kemudian kita akan menggunakan perangkat CSU/DSU yang sesuai dengan ISP tersebut.

Contoh perusahan ISP Nasional diataranya :

Topologi jaringan yang akan kita praktekkan dapat digambarkan sebagai berikut

Keterangan :
IP Address untuk PC A, PC B, PC C serta Node D pada interface router hak seorang administrator untuk menentukannya, biasanya menyesuaikan dengan jumlah host yang dibutuhkan.
IP Address untuk Node E pada interface router harus mengikuti yang diberikan ISP karena titik tersebut menjadi Dermacation Point dari ISP yang bersangkutan.
Contoh ini menggunakan jenis koneksi WAN leased line (dedicated connection)
Contoh perancangan IP Address sebagai berikut (misalnya seorang administrator memiliki 20 host)
Node E / Interface pada router

IP address    : 172.16.16.17/28
Gateway      : 172.16.16.30/28
DNS             : 192.168.202.30

Sesuai ISP Node D / Interface pada router
IP address   : 192.168.10.1/27
Gateway      : -
DNS            : 192.168.202.30

Sesuai kebutuhan host

PC A / LAN pada client A
IP address : 192.168.10.2/27
Gateway : 192.168.10.1/27
DNS : 192.168.202.30

PC B / LAN pada client B
IP address : 192.168.10.3/27
Gateway : 192.168.10.1/27
DNS : 192.168.202.30

PC A / LAN pada client C
IP address : 192.168.10.4/27
Gateway : 192.168.10.1/27
DNS : 192.168.202.30
(selengkapnya lihat materi subnetting)

sekian penjelasan saya mengenai "Apa Itu Router??",
jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan, dan jika membutuhkan tutorial yang lain silahakan isikan di form sebelah kanan --->>>
nantikan postingan boby24.blogspot.com selanjutnya. terimakasih..


Terkait   :
  • Installasi Jaringan Berbasis Luas (WAN)
  • Perangkat Jaringan Berbasis Luas (WAN)
  • cara mudah dan cepat menghitung subneting
Previous
Next Post »

Jangan menggunakan link aktif dan meninggalkan spam. Gunakan kolom komentar dengan sebaik-baiknya. terimakasih.. ConversionConversion EmoticonEmoticon