Perangkat Jaringan Berbasis Luas (WAN)

halo semua, kembali dengan saya dalam blog boby24.blogspot.com. kali ini saya akan membagikan informasi tetang Perangkat Jaringan Berbasis Luas (WAN). sebelumnya saya sudah saya bagikan mengenai Installasi Jaringan Berbasis Luas (WAN). oke langsung saja simak berikut ini..


Perangkat Jaringan Berbasis Luas (WAN)
A. Pengenalan Modem

1. Pengertian Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Jadi Modem adalah perangkat yang dapat merubah sinyal informasi digital menjadi sinyal analog agar dapat dikirimkan melalui media komunikasi seperti kabel telepon atau sinyal komunikasi selular (Handphone).
Modem mengirim data melalui jalur telepon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal.  Sinyal digital ditumpangkan ke sinyal suara analog yang dimodulasi untuk ditransmisikan.  Pada sisi penerima sinyal analog dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi. Pada istilah jaringan WAN modem disebut perangkat CSU/DSU

B. Jenis-Jenis Modem

Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu :
  1. Modem internal, yaitu modem yang terpasang langsung pada computer pada slot expansi berupa slot AMR dan PCI (untuk PC Desktop), dan slot PCMCIA (untuk Laptop)
  2. Modem Eksternal, yaitu modem tambahan yang terpasang diluar computer, biasanya terhubung melalui port USB (seperti modem GSM), atau Port RJ-45 (seperti modem ADSL).

Jenis-jenis modem berdasarkan media koneksinya, yaitu :
  1. Modem ISDN, yaitu jenis modem yang menggunakan layanan ISDN (Integrated Services Digital Network).
  2. Modem GSM, yaitu modem yang menggunakan frekuensi GSM 900 Mhz. Biasanya menggunakan port USB untuk terkoneksi dengan komputer.

  3. Modem Analog, yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Biasanya modem ini terpasang langsung pada motherboard pada laptop atau dipasanga melalui slot PCI / AMR pada komputer desktop. Jenis layanan yang cukup terkenal adalan telkomnet instan.
  4. Modem ADSL, yaitu modem yang menggunakan layanan ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. seperti layanan Telkom Speedy.
  5. Modem CDMA yaitu modem yang menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Dan yang terbaru menggunakan frekuensi EVDO Rev-A (setara dengan 3G) dan teknologi CDMA terbaru adalah EVDO Rev-B.
  6. Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel.
sekian penjelasan saya mengenai Perangkat Jaringan Berbasis Luas (WAN),
jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan, dan jika membutuhkan tutorial yang lain silahakan isikan di form sebelah kanan --->>>
nantikan postingan saya selanjutnya.. terimakasih.


Terkait   :
  • Installasi Jaringan Berbasis Luas (WAN)
  • Perangkat Jaringan Berbasis Luas (WAN)
  • Pengertian dan Jenis Router
Previous
Next Post »

Jangan menggunakan link aktif dan meninggalkan spam. Gunakan kolom komentar dengan sebaik-baiknya. terimakasih.. ConversionConversion EmoticonEmoticon