Cara Mudah Membuat Tabel Artikel Blog


halo semua, kali ini saya kembali akan membagikan tips menarik mengenai blog yaitu Cara Mudah Membuat Tabel pada Artikel. Tabel merupakan suatu susunan dari baris dan kolom yang memiliki angka-angka dan kalimat. Tabel digunakan untuk mempermudah merinci sebuah data maupun mempermudah menjelaskan sesuatu kepada orang lain, oleh karena itu Tabel juga sering digunakan dalam menulis artikel pada website maupun blog. 

Sebenarnya membuat Tabel ada berbagai cara, misal nya dengan menggunakan HTML langsung pada saat menulis artikel, ini merupakan cara yang sangat rumit menurut saya bagi seorang bloger pemula ataupun yang belum menguasai bahasa HTML secara sempurna.

Oleh karena itu disini saya akan sedikit memberikan tips bagaimana cara membuat tabel dengan mudah tanpa harus susah payah memahami bahasa HTML yang banyak itu. Nah langsung saja simak yang berikut ini.


Langkah Kerja :

Disini saya menggunakan bantuan sebuah software pengolah kata yang kerap kita jumpai dan kita pakai yaitu Micros*ft Word, dengan bantuan software pengolah kata ini kita bisa dengan mudah membuat table yang kita inginkan.

1. install terlebih dahulu software pengolah kata Micros*ft word, kemudian buka software tersebut. caranya klik logo windows -> pilih all program -> pilih Micros*ft office -> pilih Micros*ft word.

2. buatlah tabel sesuai dengan kebutuhan kita. saran saya buatlah tabel dengan ukuran yang tidak terlalu lebar karena dapat mempengaruhi pada artikel blog kita nantinya.



3. simpanlah tabel tersebut. (ctrl+s) . pilihlah tempat untuk menyimpan, beri nama pada file, dan yang paling penting rubah save as type menjadi Web Page, Filtered
 KlikYES


4. jika sudah di simpan. buka file tadi menggunakan notepad. caranya klik kanan pada file tadi -> openwith -> pilih notepad
jika notepad tidak ada dilist pilih choose default program -> Other Programs -> pilih Notepad atau bisa Wordpad -> hilangkan centang pada Always use the selected ....  -> OK



5. Nah jika sudah terbuka maka kita akan melihat beberapa baris html dan css. copy baris tersebut dari <style> sampai </div> dipaling bawah.


6. kemudian buka bloger kita, buka pada edit entri -> pilih tab HTML (bukan Compose) -> kemudian letakkan pada artikel tersebut -> save/perbaharui. kemudian lihat kembali artikel kita yang kita sudah publish maka tabel tersebut akan muncul.



nb. paste pada tab HTML supaya dapat terbaca, dan perhatikan saat meletakan copy-an tadi pada artikel kita, usahakan paste-kan di tempat yang benar dan urutan script yang tepat.

sekian tips menarik tentang blog Cara Mudah Membuat Tabel pada Artikel , nantikan artikel dan tips menarik lainnya..
Previous
Next Post »

Jangan menggunakan link aktif dan meninggalkan spam. Gunakan kolom komentar dengan sebaik-baiknya. terimakasih.. ConversionConversion EmoticonEmoticon