Konfigurasi Ftp server linux dengan PROFTPD


halo semua, kali ini saya akan membagikan tutorial menarik yaitu Konfigurasi File Transfer Protocol (FTP) Linux Debian. File Transfer Protokol (FTP) merupakan suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP.

Ftp hampir sama dengan File Sharing pada linux, bedannya ftp dapat di akses mengunakan WEB Browser sedangkan File Sharing hanya dapat diakses di local saja atau Explorer pada Wind*ws.
FTP terdiri dari Ftp server dan FTP client. FTP Server pada linux Debian terdiri dari bermacam-macam paket, tetapi hanya 2 paket yang terkenal dan sering di gunakan oleh beberapa ISP Server, yaitu VSFTPD dan PROFTPD .

FTP dengan paket VSFTPD sudah pernah saya berikan penjelasan juga konfigurasinya. sekarang saya akan membahas Konfigurasi FTP dengan PROFTPD pada linux debian.

Langkah Kerja :

1. Siapkan sebuah server Linux dan client linux/Wind*ws.
2. masukkan DVD 2 Debian. biasa nya pada debian 6 keatas paket ini terdapat pada DVD 2, oleh karena itu kita harus Mount terlebih dahulu supaya dapat menginstall paket PROFTPD.
masukan dvd 2, kemudian eksekusi perintah berikut
#apt-cdrom add#apt-get update
3. Setelah selesai Mount DVD maka kita langsung saja install paket PROFTPD
#apt-get install proftpd
4. Pada saat installasi akan diberikan 2 pilihan untuk Run paket. pilih Standalone

5. Cobalah akses ftp server menggunakan web browser pada computer client dan lihat hasilnya. Saat kita akan masuk maka kita akan ditanyai tentang username dan password, oleh karena itu isikan password dan usernamenya yang sudah anda buat saat proses installasi debian, akan tetapi bukan dengan user root.


6. .   Lihat file yang terdapat pada ftp tersebut, file-file tersebut adalah file yang terdapat pada direktori /home, directory ini adalah direktori pertama yang dituju dan merupakan default pada user tersebut. Kita dapat mengganti tujuannya dengan menggunakan perintah :
usermod –d (direktori yang dituju) (nama user).
Contoh :
#usermod –d /home/data ftp
7. Kemudian edit file konfigurasi ftp
nano /etc/proftpd/proftpd.conf
8. Temukan kata-kata “#DefaultRoot “ kemudian hilangkan tanda #


9. Karena server ftp kita akan digunakan untuk umum maka kita perlu mengatur agar orang lain juga bisa melihat ftp kita tanpa perlu login. Oleh karena itu temukan kata “#<Anonymous~ftp> “ dan hilangkan tanda # pagarnya sampai “</Anoymous>

10. Setelah pengaturan selesai maka tekan Ctrl+O untuk menyimpan dan Ctrl+X untuk keluar.
11. selanjutnya restart paket ftp
service proftpd restart
12. Untuk memasukan file(upload) pada ftp server maka kita memerlukan filezila atau Winscp, oleh karena itu installah filezila atau Winscp pada computer client.

13. Setelah instalasi selesai maka buka filezila, masukan alamat IP address server, username, dan password.

14. Untuk menambahkan file maka caranya adalah cari file selanjutnya klik kanan dan pilih upload.

15. Refresh ftp server pada web browser, lihat perubahan yang terjadi.

sekian artikel menarik mengenai Konfigurasi Ftp server linux dengan PROFTPD, nantikan artikel menarik lainnya ..
Previous
Next Post »

Jangan menggunakan link aktif dan meninggalkan spam. Gunakan kolom komentar dengan sebaik-baiknya. terimakasih.. ConversionConversion EmoticonEmoticon